motor tanpa knalpot, gila

Cuaca kota yang tidak menentu akhir-akhir ini sungguh membuat jengkel. Pagi-pagi cerah siangnya bisa hujan deras. Bisa juga seharian hujan ato panas terus.

Tadi pulang dari kampus kebagian jatah dapat cuaca yang mau hujan lebat. Untungnya yang bagian ke rumah saya malah terang.

Ya udah ambil rute masuk kepinggiran kota sekalian menikmati sejuknya udara saat itu. Nah pas lewat sini ada kejadian unik. Disebuah belokan dari jauh kedengeran suara motor kencang banget, suaranya kayak motor 4 tak pake knalpot racing tapi jauh lebih kenceng diiringi bunyi mbrebet khas kayak kalo pembakaran terjadi sampe kedalam badan knalpot, biasanya knalpotnya keluar api. Wuaaaah, ini gila, mosok ada motor racing extrim masuk kampung😀.

Image

enggak seekstrim ini😀

Akhirnya sumber suara keliatan wujudnya. Sepeda motor bebek yang sudah dicangkokan mesin tipe tegak. Dilihat sekilas sepertinya ini mesin Honda tipe GL-series edisi lama (old mega pro / gl ). Keliatan dari konstruksi mesinnya dengan air cooler sirip khas Honda. Motornya dipasangi roda tambahan buat boncengan ato nambah beban kayak tukang ojek yang ada semacam tendanya, tapi yang ini polos.

Gilanya lagi ini sumber suara bukan dari knalpot racing, tapi malahan enggak pake knalpot. Dari lubang klep buang keluar api biru kekuning-kuningan. Dari dekat masyaallah suaranya berisik luar biasa.

Sangat disayangkan buat yang punya motor, padahal fungsi knalpot itu lumayan sangat penting. Selain menyalurkan emisi dari ruang pembakaran, juga untuk meredam panas dari serta mengurangi kebisingan dalam motor. Pada motor 2 tak fungsi knalpot malah lebih penting lagi. Pemilihan knalpot sangat vital hingga dengan settingan yang tepat bisa menaikan tenaga motor sampai 30 % . karena lebih banyak dari bensin yang diledakan diruang pembakaran tidak terbakar sempurna sehingga dikembalikan lagi ke ruang pembakaran.

Image

Kalo motor 4 tak pemilihan knalpot tidak mempengeruhi kenaikan tenaga secara signifikan. Tapi dari yang saya lihat keliatan jelas motor itu kehilangan tenaga. Akselerasinya turun pol, padahal beban tidak ada selain pengendara itu sendiri.

Well, semoga sang pengendara cepat tersadarkan atas apa yang telah diperbuatnya😀

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s